Icon

PT. WAN Teknologi Internasional

Dilihat: 352x

MySQL

MySQL adalah sistem manajemen basis data (DBMS) relasional yang populer, digunakan untuk mengelola dan menyimpan data. Berikut adalah sejarah dan manfaat utama MySQL:

Sejarah MySQL:
- MySQL awalnya dikembangkan pada tahun 1994 oleh Michael Widenius, David Axmark, dan Allan Larsson di Swedia. Mereka ingin menciptakan sebuah DBMS yang cepat, handal, dan mudah digunakan untuk keperluan pengembangan web.
- Pada tahun 1995, versi pertama MySQL dirilis dengan fitur dasar DBMS relasional. Sejak itu, MySQL telah mengalami evolusi dan pengembangan yang berkelanjutan dengan peningkatan kinerja, stabilitas, dan fitur-fitur baru.
- Pada tahun 2008, Sun Microsystems mengakuisisi MySQL AB, perusahaan yang mengembangkan MySQL. Setelah itu, Sun Microsystems diakuisisi oleh Oracle Corporation pada tahun 2010. MySQL tetap menjadi produk open-source dan terus dikembangkan oleh Oracle dan komunitas MySQL.

Manfaat MySQL:
1. Kinerja yang Tinggi: MySQL dirancang untuk memberikan kinerja tinggi dalam mengelola dan mengakses data. Optimasi kinerja dan pengindeksan yang baik memungkinkan MySQL untuk menangani beban kerja besar dengan cepat dan efisien.
2. Skalabilitas: MySQL mendukung skalabilitas baik secara vertikal maupun horizontal. Ini berarti MySQL dapat dengan mudah ditingkatkan dengan menambahkan lebih banyak sumber daya pada server tunggal atau dengan mendistribusikan beban kerja ke beberapa server.
3. Keandalan dan Keamanan: MySQL telah terbukti sebagai sistem basis data yang andal dengan kemampuan tinggi dalam menjaga keintegritasan data.

Konsultasi Sekarang